Paskibra Kota Bogor Melebarkan Sayapnya

Posted by Fadli Thea | | Category: |

Sebanyak 78 peserta anggota Paskibra tingkat SMA yang tergabung dalam Forum Komunikasi Paskibra Sekolah Kota Bogor (FK-PSKB) Angkatan Tahun 2007 – 2008 menggelar Musyawarah Forum (MUSFOR) ke VI di Balaikota Bogor Minggu (7/12). Musfor dibuka Kepala Bagian Sekretariat daerah (Setdakot) Kota Bogor Eko Prabowo mewakili walikota Diani Budiarto. Eko mengatakan, selama ini masyarakat Kota Bogor khususnya mereka yang aktif di dunia pendidikan termasuk para pelajar sekolah menengah, telah cukup mengenal keberadaan forum ini yang telah menjadi organisasi para pelajar dalam memajukan pendidikan Kota Bogor.

Sejauh ini kegiatan paskibra di setiap sekolah sudah menjadi sebuah aktivitas ekstra kurikulum, yang terbukti efektif dalam membina para pelajar. Setidaknya sebagian pelajar telah menemukan wadah bagi mereka untuk membina diri dan aktif memanfaatkan waktu untuk kegiatan-kegiatan positif.

Menurut Eko, Paskibraka sudah menjadi kegiatan yang diakui secara Nasional, sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang berprestasi. Bahkan Paskibraka sudah menjadi sebuah jalur bagi para siswa berprestasi untuk tampil ke forum Nasional sebagai sosok pelajar berprestasi tingkat nasional.

Namun ada baiknya kalau forum ini juga diarahkan untuk menjalankan peran yang lebih besar dalam membina para pelajar. Setidaknya melalui forum ini perlu dimanfaatkan untuk ikut berjuang mengatasi berbagai persoalan yang timbul di kalangan pelajar “ harap Eko.

Sementara pendiri forum komunikasi Paskibra Sekolah Miftahudin mengungkapkan, forum ini lahir pada tahun 2000 pada saat itu dirinya masih sebagai pelajar. FK-PSKB dibutuhkan karena di Bogor belum ada forum yang menampung aspirasi potensi pelajar dalam wadah pengembangan sehingga akan memberikan kontribusi nyata terhadap pelajar itu sendiri.

Forum ini dibentuk sebagai wadah berkumpulnya dan menjadi corong komunikasi antara Paskibra SMA yang ada di Kota Bogor. Dalam perjalanannya organisasi inipun tidak hanya sebatas pada kegiatan-kegiatan yang bersifat kepaskibraan, tapi juga kegiatan aktivitas lainnya. “Sejauh ini orang cenderung melihatnya paskibra hanya baris berbaris, tapi kita sudah mencoba pada kegiatan dan sebuah gerakan yang tidak hanya hanya semata pada kegiatan baris berbaris, “ ungkapnya.

Menurut dia, diusianya yang sudah menginjak 8 tahun FK-PSKB semakin berkembang dan menggenerasi. Walaupun, selama dua tahun sempat mengalami kevakuman. Kita akan terus mencoba dan mendorong FK PSKB untuk terus memacu pelajar harus seperti apa dan bagaimana kedepannya, Sebab, bagaimanapun juga bibit pemimpin akan lahir dari pelajar-pelajar yang ada di Kota Bogor, “ kata Miftahudin. (iso/tar)
sumber : www.kotabogor.go.id

Currently have 0 komentar:


Leave a Reply

Mau komentar? silahkan, asal jangan komentar spam.
Maaf! Komentar bernada spam akan kami hapus.